Photobucket

Senin, Februari 17, 2014

Cocoklogi

Muncul ilmu baru seiring berkaitan dengan erupsi gunung kelud 14 feb kemarin, yaitu "Cocoklogi". Ilmu yg mengkaitkan sesuatu, entah itu bencana, musibah atau kejadian, dengan beberapa reakaan tanpa di dasari dengan fakta. Tulisan ini saya copas dr beberapa sumber, semoga bisa "menyadarkan" kita bahwa sebenarnya Cocoklogi hanya sekedar reakaan saja.

~Cocoklogi~

Mungkin Anda sudah membaca pesan yang menyebutkan bahwa peristiwa meletusnya Gunung Kelud itu sudah ada di Al-Qur'an, dengan mecocok-cocokan waktu kejadian gunung ini meletus, mulai dari menit, jam, hingga tahun. Ane coba mengkritisi cocoklogi peristiwa meletusnya Gunung Kelud. Cocoklogi ini begitu cepat menyebar di media sosial. Bukan bermaksud membantah kebenaran isi Al-Qur'an, namun mencoba untuk berpikir logis dan tidak pakai emosi.

1. Cocoklogi jam

Dalam pesan yang beredar disebutkan bahwa Gunung Kelud meletus pukul 22:49 atau 22:50. Kejadian ini dihubungkan dengan Surat ke-22 dalam Al-Qur'an (Surat Al-Hajj) ayat 49-50 yang bunyinya:

49. Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang nyata kepada kamu”.

50. Maka orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia.

Dalam hal ini yang dijadikan cocoklogi adalah menit, padahal menit bisa saja berbeda meski di satu wilayah. Coba agan lihat jam di handphone agan dengan jam dinding agan, apakah sama? Atau coba lihat am dinding di rumah agan, terus lihat jam dinding beberapa tetangga agan, apakah sama persis, atau ada selisih beberapa menit?

Intinya, perbedaan menit dalam mengatur jam itu bisa saja terjadi meski masih dalam satu daerah waktu. Bahkan situs MetroTVNews memberitakan kalau Gunung Kelud meletus pukul 22:59. Coba lihat terjemahan surat Al-Hajj ayat 59:

59. Sesungguhnya Allah akan memasukkan mereka ke dalam suatu tempat (syurga) yang mereka menyukainya. Dan sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Penyantun.

Selain itu, ada juga yang menyebutkan pukul 22:55. Itu baru satu daerah waktu, yaitu WIB, bagaimana yang berada di wilayah WITA dan WIT? Waktu kejadian dicocoklogikan dengan urutan surat dalam Al-Qur'an, jam hanya sampai 24:00 saja, padahal surat di dalam Al-Qur'an ada 114 surat,

2. Tanggal dan bulan

Gunung Kelud meletus tanggal 13 bulan Februari, yang merupakan bulan kedua dalam kalender Masehi. Hal ini dihubungkan dengan surat ke-13 (Al-Ra'd) ayat kedua.

2. Allah yang meninggikan langit dari bumi, tanpa penyangga, sebagaimana yang kamu lihat. Lalu Dia bersemayam di atas Arsy. Dia menundukkan(1) matahari dan bulan, masing-masing beredar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Tuhan mengatur semua urusan makhluk-Nya, menjelaskan tanda-tanda kebesaran-Nya, agar kamu meyakini pertemuanmu nanti dengan Tuhanmu.

Adakah ayat tersebut menyebut tentang gunung? Sejak kapan Al-Qur'an menggunakan kalender Masehi? Bukankah yang dijadikan patokan adalah kalender Hijriyah?

3. Tahun Bencana Gunung Kelud meletus terjadi pada tahun 2014, kemdian dihubungkan dengan surat ke-20 ayat 14.

14. (Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tiada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku) di dalam salat itu.

Tidak ada riwayat bahwa Rasulullah melakukan cocoklogi seperti itu. Lagipula tidak perlu dicocok-cocokan pun bencana itu termasuk peringatan. Kalaupun bencana lain yang terjadi di lain waktu tersebut, bukan berarti itu bukan peringatan kan? Lagipula cocoklogi terjadi setelah kejadian, bayangkan kalau cocoklogi itu dibuat sebelum gunung itu meletus, jadi ramalan malahan. Namanya juga cocoklogi, kalau orang jawa bilang "utak-atik gathuk".

Kultwit Ustadz Felix Siauw "'otak atik gathuk' itu jelas bukan bagian dari Islam | maka mencocok-cocokkan jam letusan gunung dan ayat Al-Qur'an itu bukan bagian Islam"

"bila jam hanya sampai 24.00 saja | sedang Al-Qur'an yang ada 114 surat? | ilmu 'otak-atik gathuk' bakal membuang lebih dari 2/3 Al-Qur'an"

"ilmu 'otak-atik gathuk' itu lebih dekat kepada mistis dibanding ilmu Islam | padahal sikap terhadap musibah itu simpel, sabar dan muhasabah"

"tanpa 'otak-atik gathuk' ini, Al-Qur'an juga sudah terbukti benar secara logika dan akal kok | sempurna karena datangnya dari Allah"

Saran: kalau menerima broadcast/pesan seperti itu, sebaiknya jangan langsung disebar, telusuri dulu kebenarannya, sudah banyak kejadian menyebarnya pesan hoax melalui media sosial.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

KUMPUL BLOGGER

kumpulbloggerad.jpg
Masukkan Code ini K1-75BA95-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

BISNIS PULSA PALING PANAS

Photobucket

UANG PANAS

lowongan kerja di rumah

MESIN UANG AUTOPILOT

MAU BUAT DOMIAN GRATIS!!!!!!!!! KLIK DI SINI

CO.CC:Free Domain

DAFTAR PAYPAL, KLIK DI SINI

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

IKLAN MASSAL

KUMPUL BLOGGER

  ©Template by Dicas Blogger.